Jumat, 18 Januari 2019

Gambar terkait
TRAVELOKA
A.   Profil Perusahaan

Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket peswat dan hotel secara online dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.
Nama Perusahaan               : PT Trinusa Travelindo
Alamat Perusahaan  : GrandSlipiTower Lt. 39 Unit G Jl Letjend.S.Parman Kav.                                                          
  22-24, Jakarta 11480,    Indonesia.
Nama domain                     : http://www.traveloka.com
SIUP                                  : 5725/2013
NPWP                                : 31.616.320.3-031.000 ,

B.   Visi dan Misi Perusahaan
Visi :
·   Menjadikan traveling lebih mudah, cepat, dan menyenangkan melalui teknologi
·   Menjadi salah satu perusahaan Biro Perjalanan Wisata (Agen Perjalanan) terbaik di Indonesia.
·   Berkontribusi didalam meningkatkan industri pariwisata dan transportasi/perjalanan di Indonesia.
Misi :
·   Selalu menghadirkan produk-produk dan layanan terbaik.
·   Memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi setiap pelanggan.
·   Secara terus menerus meningkatkan kemampuan SDM dan infrastuktur perusahaan sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pelanggannya.
·   Menjalin dan meningkatkan kerja sama dengan semua mitra usaha, baik domestik dan International.

A.   Sejarah Traveloka
 Perusahaan didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma dan Albert. Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tket pesawat dimana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka. Selanjutnya Traveloka melayani lebih dari 18.000 rute penerbangan dan ribuan hotel di kawasan Asia Pasifik.

B.     Sumber Daya Manusia
Setiap perusahaan mempunyai struktur organisasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan jenis usaha yang dijalankan. Struktur organisasi dalam suatu perusahaan memiliki peranan yang penting dalam menjalankan aktivitas perusahaan, karena dengan adanya struktur organisasi yang baik maka fungsi – fungsi manajemen dapat dijalankan dengan baik, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai sesuai dengan visi dan misi.

C.    Struktur Perusahaan Traveloka
Hasil gambar untuk struktur organisasi traveloka
Berdasarkan bagan struktur organisasi dari traveloka, maka tanggung jawab dan wewenang masing – masing jabatan dapat diuraikan sebagai berikut :
A.    Top-Level Managers
·         Presiden Direktur
v  Memutuskan dan menetukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan. Memimpin perusahaan dengan membuat kebijakan – kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan.
v  Mengawasi dan mengendalikan perusahaan.
·         General Manager
v  Mengawasi dan menjalankan kegiatan perusahaan dengan anggaran yang dimiliki.
v  Menjadi perantara dalam mengkomunikasikan ide,gagasan dan strategti.
B.     Middle-Lever Managers
·         Manager Acciunting
v  Membuat laporan keuangan.
v  Mengatur alur kas.
·         Manager Marketing
v  Menjalin relasi dengan konsumen.
v  Membimbing dan membina karyawan dibagian pemasaran.
v  Melakukan planning dan analisis pemasaran.
·         Manager HRD
v  Membantu General Manager dalam perencanaan dan pengembangan perusahaan.
v  Melayani dalam proses perekrutan.
v  Mengawasi dan evaluasi kinerja.
C.     Lower-Level Managers
·         Sales Tour And Travel
v  Melayani feedback konsumen.
v  Memantau kompetitor.
v  Menawarkan dan mempromosikan produk dan jasa kepada konsumen.
v  Menjual produk dan jasa Parawisata.
·         Ticketing
v  Menjaga dan memantau stock.
v  Menjalankan segala kegiatan yang berkaitan dengan transaksi penjualan tiket.
·         Massenger
v  Memproses data dan pengiriman tiket.
v  Bekerjasama dengan ticketing.
v   

A.     Sumber Daya IT Traveloka
Dari flowchart diatas perusahaan membaginya dalam tiga bagian yang mana searah vertical sebagai berikut :
·         User : Customer,data user, data id, tiket, cetak transaksi
·         Admin: Input, database, pemrosesan, cetak laporan, penerimaan kas
·         Marketing : Multi laporan, pengembangan usaha

B.     Strategi Pemasaran Traveloka

·      Price
Traveloka adalah online travel agent terbesar di Indonesia jadi mereka bisa bernegosiasi dan mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai penerbangan. Selain itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat menekan harga tiket pesawat. Selain itu, Traveloka juga mendapatkan keuntungan sebanyak 5% dari maskapai untuk setiap pembelian tiket.

Dan terdapat biaya tambahan yang dikenakan bagi seluruh konsumen mulai dari Rp12.500 hingga Rp52.500, pelanggan Traveloka sudah terlindungi dari resiko keterlambatan bagasi, penundaan perjalanan, pembatalan perjalanan, tertinggal penerbangan lanjutan, kehilangan reservasi kamar hotel, dan kecelakaan diri dengan asuransi hingga Rp. 300.000.000.

·         Product
Traveloka adalah layanan jual beli tiket pesawat, kereta api dan hotel secara online. Dalam laman resminya yakni http://www.traveloka.com. Mengatakan bahwa traveloka adalah system reservasi tiket yang terintegrasi dengan booking system dari airline itu sendiri, melalui partner-partner yang sudah di percaya. Dengan memberikan keamanan trasaksi tiket serta kemudahan pemesanan melalui sistem otomatis, tanpa harus melalui pemesanan manual.

Traveloka bekerjasama dengan travel agent resmi maskapai-maskapai yang sudah terpercaya untuk menerbitkan tiket melalui http://www.traveloka.com/ . hal ini memungkinkan konsumen yang akan melakukan pemesanan tiket dan hotel mendapatkan pilihan penjual yang di inginkan, serta kenyamanan dan keamanan yang terjamin.

Traveloka juga menyediakan fasilitas untuk menampilkan maskapai dan rute penerbangan yang sedang dalam harga promo, yakni tiket yang di jual mengalami penurunan harga atau telah mendapatkan diskon dari masing-masing maskapai penerbangan.


·         Promotion
Cara promosi yang dilakukan oleh traveloka antara lain, adalah melalui media social, iklan di tv dan pembagian kupon diskon. Media social yang digunakannya antara lain adalah facebook, twiiter, dan website. Iklannya sendiri pun sudah banyak kita lihat di tv. Kita tahu sendiri kalau biaya untuk beriklan di televisi sangatlah mahal. Mungkin karena visi dari Traveloka yang sangat yakin kalau langkah yang diambilnya itu pasti sepadan dengan apa yang nanti didapatkan. Apabila beriklan di televisi, pasti akan dilihat oleh banyak orang. Dengan dilihat oleh banyak orang, maka akan dikenal oleh orang-orang.
Dalam dunia marketing modern, mengeluarkan budget untuk iklan adalah hal yang biasa bagi yang punya modal. Prinsip marketing, mengeluarkan biaya memang diperlukan — guna memperoleh pendapatan yang lebih besar. Istilahnya adalah input harus lebih besar daripada output.
·         Place
Berhubung Traveloka adalah agent pemesanan tiket pesawat dan hotel dengan cara online. Maka tempat berinteraksinya antara produsen dengan konsumen adalah melalui internet dan Business to Customer (B2C). Dimana Traveloka ini, beriklan diberbagai media social dan websitenya. Selain itu, seluruh rangkaian kegiatan pemesanan dilakukan melalui internet. Berikut tampilan website traveloka :
Traveloka sangat menikmati struktur transaksi business-to-consumer (B2C), dimana rata-rata transaksi lebih dari USD50 (Rp650.000) dan tidak memerlukan saham atau menyimpan benda fisik apa pun. Karena inilah Traveloka bisa dengan mudah terbebas dari bahaya logistik yang menghantui industri e-commerce di Asia Tenggara
·         People
Ferry Unardi, pendiri sekaligus Managing Director Traveloka.com. Ferry mendirikan situs ini lantaran pernah kesulitan mencari tiket pesawat. Awalnya, Ferry hanya dibantu dua rekannya yang pernah bekerja di Microsoft. Modalnya diperoleh dari East Venture, perusahaan investasi yang fokus pada pendanaan merintis usaha baru.  Pada tahap pengembangan, ia mendapat bantuan dari Samwer Brothers yang memiliki jaringan startup Rocket Internet. Dalam waktu enam bulan, karyawannya menjadi lima. Mereka menempati satu unit ruko. Karena bisnisnya terus bertumbuh, Traveloka kemudian berkantor di salah satu gedung perkantoran di Slipi, Jakarta Barat. Saat itu, jumlah Karyawannya telah bertambah menjadi 30 orang. Setahun setelah didirikan, Traveloka punya 120 pegawai.
·         Physical Environment


Physical Environment yang ditunjukkan oleh Traveloka sangat baik, hal itu dapat disimpulkan bahwa sebanyak 250.000 kunjungan ke website dilakukan perharinya.

Sehingga, selama sebulan website Traveloka telah dikunjungi oleh 7,5 juta pengunjung. Baik itu dari desktop maupun smartphone. Memasuki pertengahan 2017 ini, jumlah pengunduh aplikasi Traveloka berhasil meningkat hingga 50 persen. Bila tahun lalu baru diunduh sebanyak 10 juta, saat ini sudah mencapai 15 juta pengunduh, di mana mayoritasnya merupakan pengguna aktif. Ini menunjukkan bahwa Traveloka telah menjadi suatu icon dari agen pemesanan tiket pesawat dan hotel yang besar dan terpercaya. Hal tersebut tidak luput karena pengembangan teknologi, bisnis, serta design interface website yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

A.   Produk dan Layanan

Traveloka adalah salah satu travel agent online. Baik tiket hotel,pesawat dan kereta. Traveloka sendiri memiliki 2 platform yaitu berbasis web atau dapat diakses melalui PC dan adapula yang berbasis aplikasi yang dapat digunakan pada gadget yang memiliki OS(Operating System) Android. Traveloka memiliki beberapa kelebihan dibanding travel agent online sejenis salah satunya adalah Lebih Murah karena tidak dibebankan harga Booking dan Service Fee pada setiap pemesanan tiket, Lebih Mudah karena ada banyak metode pembayaran pesanan yang dapat dibilih sesuai keinginan
·         Pemesanan tiket pesawat 
·         Pemesanan tiket hotel 
·         Pemesanan tiket kereta api :
A.   Cara Pembayaran

Pertama masuk pada situs resmi traveloka untuk melakukan booking tiket. Setelah anda mendapatkan daftar harga dan nama maskapai atau travel dengan jam keberangkatan, klik pesan pada maskapai yang dipilih.
Setelah anda mengklik tombol pesan dilanjutkan dengan pengisian form id. Pastikan info id terisi dengan lengkap. Jika no kontak sudah anda isi dengan benar maka tahap selanjutnya pilihlah metode pembayaran. Traveloka menyediakan metode pembayaran kartu kredit, transfer&atm, direct debit atau alfamart&indormaret.


Terdapat pula fitur refund dan re-schedule yang dapat lebih mempermudah Customer apabila akan membatalkan atau mengatur ulang detail mengenai pemesanan tiket. Untuk refund sendiri adalah fitur yang dapat digunakan oleh Customer untuk membatalkan pemesanan tiket dan mengambil kembali uang yang telah dikirimkan. Sedangkan untuk re-schedule adalah fitur untuk mengganti beberapa detail pemesanan tiket misalnya mengganti tanggal yang tertera pada pemesanan tiket. 

Selain itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat menekan harga tiket pesawat. Selain itu, Traveloka juga mendapatkan keuntungan sebanyak 5% dari maskapai untuk setiap pembelian tiket.

KESIMPULAN

Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.

Traveloka mempermudah untuk melakukan penerbangan dengan pemesanan tiket yang mudah dan cepat secara online.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aplikasi Pemesanan Makanan Online

Judul : Aplikasi Pemesanan Makanan Online Proses Bisnis : - pelanggan lapar dan ingin memesan makanan melalui layanan antar makanan s...